Jangan Lewatkan Destinasi Berikut Kalau ke India!

As seen on Alezalabel.com

India, negara dengan jumlah populasi terbanyak ke dua di seluruh dunia adalah salah satu destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Setidaknya sekali seumur hidupmu, kamu perlu bertamu ke negara yang memiliki Taj Mahal ini.

India memiliki banyak sekali destinasi yang dapat memberikan kamu cerita perjalanan yang menakjubkan. Mulai dari pengalaman sejarah, religi, arsitektur, alam, hingga kuliner, tinggal pilih apa yang kamu minati dan bisa langsung kamu cari di sana. Buat saya yang mencintai budaya, sejarah dan kuliner, India menjadi salah satu bucket list yang ingin saya datangi karena ingin melihat sebagaimana “nyentrik”-nya negara dengan agama Hindu terbesar ini. Nah, kalau kamu juga salah satu orang ingin merasakan pengalaman yang tidak terlupakan di India, ini dia destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan:

new delhi

New Delhi dan Old Delhi

New Delhi adalah ibukota India, di sinilah pesawat akan mendarat apabila kamu berencana menjelajahi negara India bagian utara. New Delhi adalah salah satu kota besar di India dan menjadi pusat distrik bisnis para pengusaha, dokter dan banyak perusahaan nasional dan internasional di India. Apabila kamu terbiasa tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya, New Delhi dapat menjadi tempat favorit kamu, karena selain dipenuhi dengan gedung-gedung perkantoran dan mall; museum dan bangunan-bangunan bersejarah juga menjamur di sini. Old Delhi sebaliknya, justru bagian kota yang sangat bertolak belakang dibanding New Delhi. Walau jaraknya hanya sekitar 30 menit dari New Delhi, pemandangan yang kamu rasakan akan jauh berbeda sekali. Jalanan di Old Delhi ini dipenuhi dengan becak dan kereta kuda, membuatnya tampak terlihat lusuh sekali. Pasar tradisional yang berjajar di tiap kanan dan kiri jalan juga menambahkan keramaian kota tersebut. Cobalah berkeliling kota New Delhi atau Old Delhi dengan transportasi umumnya seperti bajaj ataupun becak untuk menikmati “rasa” yang berbeda dari perjalanan kamu yang biasanya. Tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati yaa!

old delhiagra-taj mahal

Agra

Kamu belum pernah menginjakkan kaki di India apabila belum ke Agra. Ya, kota Agra menjadi kota paling bersejarah di India karena kota inilah yang menjadi saksi pembangunan ikon sejarah sepanjang masa, yaitu Taj Mahal. Di kota Agra inilah Taj Mahal berdiri, sebuah makam yang dibangun megah mewakili cinta sejati seorang raja pada istri favoritnya. Bangunan yang berdiri sejak 1632 ini merupakan bangunan yang asimetris dari segala sisi dan terbuat dari marmer putih yang tidak murah harganya.

pink cityjaipur-greatwall

Jaipur dan Rajashtan State

Kota serba pink, kota para raja dan permaisuri, tempat di mana segala keindahan arsitektur India terpancarkan. Inilah Jaipur, salah satu kota di negara bagian Rajashtan, India. Jaipur mulai berdiri pada tahun 1727 dalam naungan Raja Jai Singh II, atau sering disebut dengan panggilan Raja of Amer. Jaipur disebut sebagai “Pink citykarena hampir seluruh bangunan di kota tersebut memiliki warna dominan coklat kemerahan yang terlihat seperti warna merah jambu. Beberapa tempat indah yang memiliki arsitektur menarik yang tidak boleh terlewatkan di sini adalah Palace of the Winds atau Hawa Mahal, Amer Fort atau Kastil Amer yang dapat kamu kunjungi dengan menaiki gajah; Nahargarh Fort yaitu kastil para raja dan permaisuri pada masanya; City Palace, yaitu sebuah bangunan yang digunakan untuk Raja mengadakan rapat penting dan juga dijadikan sebagai rumah bagi selir-selirnya. Bangunan lainnya yang wajib didatangi di Jaipur adalah Jaigarh Fort, yaitu benteng besar yang dibuat untuk melindungi Amer Fort dan dijadikan sebagai hunian para kelompok artileri Raja di Jaipur. Uniknya, Jaigarh Fort dibangun panjang mengelilingi bukit-bukit di Jaipur yang membuatnya terlihat seperti tembok besar Cina! Tapi tentunya di sini julukan jadi The Great Wall of Jaipur!

Tidak hanya Jaipur, kota-kota di Rajashtan memang sangat unik, hingga memiliki julukan “The Colorful State”. Disebut begitu karena kota lain di Rajashtan juga memiliki bangunan-bangunan dengan warna dominan, seperti Udaipur The White City, Jodhpur The Blue City, dan Jaisalmer The Golden City. Pokoknya kalau kamu mengunjungi negara bagian Rajashtan ini, dipastikan kamu jadi bisa membayangkan dan berharap bisa tinggal di masa jaya para raja tersebut dan ingin dilayani bak keluarga kerajaan!

Jaipur-Amer Fortamer fort-elephantjaipur-great wall

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s